Senin, 06 Juni 2011

Seumur hidup siapa c yang gak pernah ketombean, ..beruntung sekali kalo gak pernah, karena sungguh menyiksa ketika ketombe ini hinggap di kepala kita,...panas, gatel, kotor...gak ada ampun dech,....
setelah searcing di google, akhirnya ax nemu beberapa cara mengatasi ketombe yang mudah2an bisa membantu bagi yang berketombe,...
selamat menikmati ya,...smoga bermanfaat.

Penyegar mulut
Anda mungkin belum pernah mendengar hal ini sebelumnya, ternyata kandungan antibacterial pada penyegar mulut efektif mengatasi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala. Campurkan penyegar mulut dengan air hasil penyulingan dan shampo Anda dalam sebuah cangkir. Berkeramaslah seperti biasa sambil memijat kulit kepala dengan jari untuk meningkatkan sirkulasi kutikula pada rambut. Perawatan secara rutin akan mengusir bakteri dan ketombe.

Cuka
Kandungan potasium dan enzim dalam cuka dapat membantu menghindari ketombe dan kulit kepala yang gatal. Campurkan sedikit cuka yang dengan air. Sebelum tidur, oleskan ampuran tersebut pada kulit kepala, kemudian bungkus rambut dengan handuk. Keesokan harinya, cuci rambut setelah bangun tidur. Hasilnya akan Anda rasakan setelah perawatan selama dua minggu.

Minyak zaitun
Kandungan vitamin E tidak hanya baik untuk kulit tubuh, tetapi juga untuk kulit kepala. Campurkan minyak zaitun dengan kacang almon. Aplikasikan pada rambut dan pijatlah kulit kepala dengan jari. Bersihkan rambut setelah memijat kulit kepala.

Aloe vera
Lidah buaya atau aloe vera sudah terkenal sejak dahulu untuk mengusir ketombe. Tuangkan ekstrak aloe vera pada bagian kepala yang sering berketombe, diamkan dan bersihkan setelah 15 menit. Setelah beberapa kali perawatan, ketombe di kepala akan hilang.


Cuka Atasi Ketombe

Anda mungkin hanya mengenal cuka sebagai bumbu masak. Padahal sebenarnya cuka juga memiliki khasiat untuk mengatasi ketombe.

Ikuti langkah berikut untuk menghilangkan ketombe dengan cuka:

1. Campur 2 sendok makan cuka dengan 6 sendok makan air hangat.
2. Usapkan hasil campuran tersebut ke kulit kepala sambil dipijat.
3. Bungkus kepala dengan handuk, diamkan selama semalam
4. Keesokan paginya bilas kulit kepala dengan air sampai bersih.
5. Lakukan 2-3 kali seminggu selama 3 bulan

Daun Pandan

Segera Anda siapkan 7 lembar daun pandan wangi lalu giling hingga halus. Campur pandan wangi yang telah halus dengan secangkir air, Lalu remas-remas sampai rata. Saring campuran tersebut lalu oleskan air perasan pada permukaan kulit kepala. Biarkan selama 1 jam agar menyerap dengan baik ke dalam kulit kepala. Bilas hingga bersih.


Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dipercaya bisa mengontrol keberadaan ketombe. Arthur S Simon, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Selatan, mengatakan, jeruk nipis dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi.

Selain bisa mengendalikan sebum di kepala, jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar dan nyaman, terutama bagi kepala berketombe yang kerap dihinggapi rasa gatal. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat rambut tampak sehat dan cantik berkilau.

Cara penggunaannya tidak sulit. Sebelum keramas, usapkan irisan jeruk nipis atau perasan jeruk nipis pada kulit kepala, terutama di daerah berketombe. Diamkan sekitar 15 menit sebelum membasuh dan berkeramas.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo, Eddy Karta, juga merekomendasikan penggunaan tea tree oil sebagai salah satu bahan alami pengusir ketombe. Menurut Kim, sudah banyak tea tree yang dijual dalam bentuk kemasan jadi sehingga penerapannya lebih mudah.

Tumbuhan dari Australia ini memiliki kemampuan sebagai antiseptik dan antijamur. Selain mengatasi ketombe, tea tree juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan kulit lainnya, seperti kutu air, jerawat, eksem, psoriasis, infeksi jamur, bisul, dan infeksi kutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar