Sabtu, 01 Mei 2010

HARDIKNAS 2010

Bagi bangsa Indonesia, kelahiran Raden Mas Suryadi Suryaningrat, yang kemudian dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara merupakan momentum penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal itu dikarenakan tanggal tersebut disepakati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tepatnya, tanggal 2 Mei 2010, besok, Minggu, merupakan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Hal ini harus menjadi permenungan bersama untuk secara simultan dan konsekuen dalam membangun fondasi dan arah kemajuan pendidikan.

Momentum Hardiknas mempunyai implikasi atas penciptaan upaya pencerahan bagi bangsa Indonesia. Sebab, hanya dengan peningkatan kualitas pendidikan yang signifikan dan berkelanjutan akan tercapai pencerahan untuk bangsa ini. Pencerahan ini akan mengantarkan suatu idealitas yang meletakkan harapan tatanan kehidupan kebangsaan yang berkeunggulan dalam kompetisi global.

Kompetisi global inilah yang sesungguhnya menjadi pertarungan ekonomi, sosial, teknologi, ideologi, dan budaya semakin kompetitif. Karenanyalah, bangsa yang mengedepankan pendidikan akan mencapai titik optimal kompetitif yang diharapkan. Hal itu terlihat dengan beberapa negara dunia yang telah mendahului bangsa lain dalam bidang tertentu. Hal itu semata-mata dikontribusi oleh keberhasilan bidang pendidikannya yang dilakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar