Selasa, 15 Juni 2010

MENTOS + COCA COLA = meledak....??



Informasi ini saya dapatkan dari dosen sewaktu kuliah Geometri NonEuclid tadi pagi di kelas....langsung membawa bukti konkretnya, koran Suara Merdeka terbitan Minggu 13 juni 2010.

Dalam koran tersebut diberitakan bahwa suatu universitas di Cina telah menciptakan satu rekor dunia karena telah membuat air mancur tertinggi dan terbanyak di dunia....
dengan memgumpulkan beribu-ribu mahasiswa, dengan bermodal satu botol Coca-cola dan satu keping permen mentos tiap mahasiswa....mereka mampu menciptakan pertunjukkan dahsyat dan menghebohkan...
permen mint mentos dan minuman beralkohol coca cola mampu membuat semburat air mancur hingga 7oo kaki....bayangkan!! tinggi banget kan...

Setelah saya cari di dunia maya dengan bantuan mbah google,...saya dapatkan beberapa informasi mengenai hal tersebut, bahwa permen mint mentos yang dicelupkan pada minuman coca cola akan mengakibatkan suatu reaksi kimia yang mengakibatkan suatu semburat air menyerupai ledakan. Menurut MythBusters dalam teori letupan, permukaan dari mentos rasa mint dialasi dengan banyak lubang kecil yang membuat gelembung CO2 terbentuk dengan sangat cepat dengan jumlah yang banyak , yang menyebabkan letupan “jet” itu terjadi.

Teori ini juga didukung ketika garam padat digunakan sebagai subtitusi (pengganti) dari mentos serta sedikit dari alkohol atau minuman keras dari berbagai jenis juga bisa menyebabkan ledakan tersebut terjadi.

Percobaan telah di lakukan pada bulan Oktober 2006 lalu....selengkapnya dapat di lihat di sini.

Berhati-hatilah! jangan sampai salah dalam mengkonsumsi dua barang tersebut atau sejenisnya. karena bisa jadi letupan atau ledakan terjadi di dalan perut kita yang nantinya akan mengakibatkan kematian. walau umur kita sudah ada yang mengatur, tapi kita tidak mau mati dengan sia-sia bukan...???

karena, Coca cola dan mentos meletup telah mengakibatkan korban di Brazil. Seorang anak meninggal dunia karena mengkonsumsi coca cola dan permen mentos secara bersamaan. Bayangkan letupan yang terjadi pada perut bocah malang itu.
kasihan sekali.....

makanya bagi yang memiliki adik atau sodara anak kecil...lebih hati-hati dan waspadalah...

semoga bacaan sedikit ini bisa bermanfaat dan menjadi wacana kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar